ANALISIS KETERKAITAN
SKL, KI, DAN KD
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi Inti Kelas XI
|
Kompetensi Dasar
|
Analisis Dan Rekomendasi KD
|
|
Ranah
|
Kualifikasi Kemampuan
|
|||
Sikap
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung-jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan antar manusia,
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
KD
1.1 Menyadari (A4) merupakan
gradasi menghayati (A4), belum
utuh terkait KI-1 yaitu sampai mengamalkan
(A5).
|
1.2 Medeskripsikan kebesaran Tuhan yang telah
memberi daya imajinasi dan apresiasi terhadap suatu karya seni tulis yang di
wujudkan kedalam karya audio maupun audio
visual
|
KD
1.2 Mendeskripsikan (A3 mengasumsikan)
merupakan gradasi dibawah menghayati
(A4) belum utuh terkait KI-1 yaitu sampai menghayati dan mengamalkan (A5), seharusnya
mendeskripsikan masuk ke aspek pengetahuan
|
|||
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menghayati sikap disiplin, jujur, cermat, teliti, bertanggung jawab
dan memiliki citarasa seni/keindahan dalam kehidupan sehari-hari sebagai
wujud implementasi komunikasi antar individu dan kelompok melalui penulisan
naskah
|
KD
2.1 Menghayati sikap (A3)
merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu sampai mengamalkan (A5).
|
||
2.2 Menghargai karya individu, kelompok,
saling menghargai dan meyakini naskah televisi mampu menginspirasi, menghibur
dan mendidik penonton
|
KD
2.2 Menghargai (A3) karya merupakan gradasi dibawah menghayati (A4), belum terkait KI-1
yaitu sampai menghayati dan mengamalkan
(A5).
|
|||
Pengetahuan
|
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab, serta dampak fenomena
dan kejadian.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Menganalisis proses editing audio
|
KD 3.1 Menganalisis proses editing audio merupakan gradasi dimensi kognitif C2 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisisi.
Menganalisis proses editing audio telah mencakupi dimensi pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural.
|
3.2 Menganalisis berbagai teknik editing audio
|
KD 3.2 Menganalisis berbagai teknik editing audio merupakan gradasi
dimensi kognitif C4 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisis.
Menganalisis berbagai teknik editing
audio telah mencakupi dimensi pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural.
|
|||
3.3 Menganalisis proses editing video
|
KD 3.3 Menganalisis proses editing video merupakan gradasi
dimensi kognitif
C2 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisis.
Menganalisis proses editing video telah mencakupi dimensi
pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural.
|
|||
3.4 Menganalisis berbagai teknik editing video
|
KD 3.4 Menganalisis berbagai teknik editing video merupakan gradasi dimensi kognitif C2 sesuai tuntutan dimensi
kognitif KI-3, yaitu menganalisis.
Menganalisis berbagai teknik editing
video telah mencakupi
dimensi pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural.
|
|||
|
|
|||
Keterampilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan
tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
|
4.1 Mengolah audio
|
KD 4.1 Mengolah audio
merupakan gradasi keterampilan
dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait
dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
|
4.2 Mengolah berbagai peralatan editing audio
|
KD 4.2 Mengolah berbagai peralatan editing audio merupakan gradasi
keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
|
|||
4.3 Mengolah video
|
KD 4.3 Mengolah video
merupakan gradasi keterampilan
dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait
dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
|
|||
4.4 Mengolah berbagai peralatan editing video
|
KD 4.4 Mengolah berbagai peralatan editing video merupakan gradasi
keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
|
|||
|
|
No comments:
Post a Comment