Wednesday 16 March 2016

Contoh Analisi Soal Teknik Broadcaasting Mata Pelajaran Editing

 ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti Kelas XI
Kompetensi Dasar
Analisis Dan Rekomendasi KD
Ranah
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung-jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan antar manusia, alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
KD 1.1 Menyadari (A4) merupakan gradasi menghayati (A4), belum utuh terkait KI-1 yaitu sampai mengamalkan (A5).
1.2   Medeskripsikan kebesaran Tuhan yang telah memberi daya imajinasi dan apresiasi terhadap suatu karya seni tulis yang di wujudkan kedalam karya audio maupun audio  visual
KD 1.2 Mendeskripsikan (A3 mengasumsikan) merupakan gradasi dibawah menghayati (A4) belum utuh terkait  KI-1 yaitu sampai menghayati dan mengamalkan (A5), seharusnya mendeskripsikan masuk ke aspek pengetahuan
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1    Menghayati sikap disiplin, jujur, cermat, teliti, bertanggung jawab dan memiliki citarasa seni/keindahan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud implementasi komunikasi antar individu dan kelompok melalui penulisan naskah

KD 2.1 Menghayati sikap (A3)  merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu sampai mengamalkan (A5).
2.2   Menghargai karya individu, kelompok, saling menghargai dan meyakini naskah televisi mampu menginspirasi, menghibur dan mendidik penonton
KD 2.2 Menghargai (A3) karya merupakan gradasi dibawah menghayati (A4), belum terkait KI-1 yaitu sampai menghayati dan mengamalkan (A5).
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab, serta dampak fenomena dan kejadian.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1      Menganalisis proses editing audio
KD 3.1 Menganalisis proses editing audio  merupakan gradasi  dimensi kognitif C2 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisisi.

Menganalisis proses editing audio  telah mencakupi dimensi pengetahuan faktual,  konseptual, dan prosedural.
3.2      Menganalisis berbagai teknik editing audio

KD 3.2 Menganalisis berbagai teknik editing audio  merupakan gradasi  dimensi kognitif C4 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisis.

Menganalisis berbagai teknik editing audio  telah mencakupi dimensi pengetahuan faktual,  konseptual, dan prosedural.
3.3      Menganalisis proses editing video
KD 3.3 Menganalisis proses editing video merupakan gradasi  dimensi kognitif C2 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisis.

Menganalisis proses editing video telah mencakupi dimensi pengetahuan faktual,  konseptual, dan prosedural.
3.4      Menganalisis berbagai teknik editing video
KD 3.4 Menganalisis berbagai teknik editing video merupakan gradasi  dimensi kognitif C2 sesuai tuntutan dimensi kognitif KI-3, yaitu menganalisis.

Menganalisis berbagai teknik editing video telah mencakupi dimensi pengetahuan faktual,  konseptual, dan prosedural.


Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.   Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
4.1      Mengolah audio

KD 4.1 Mengolah audio merupakan gradasi keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait  dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
4.2      Mengolah berbagai peralatan editing audio

KD 4.2 Mengolah berbagai peralatan editing audio merupakan gradasi keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait  dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
4.3  Mengolah video
KD 4.3 Mengolah video merupakan gradasi keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait  dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.
4.4  Mengolah berbagai peralatan editing video
KD 4.4 Mengolah berbagai peralatan editing video merupakan gradasi keterampilan dalam ranah abstrak (Dyers 3), terkait  dengan tuntutan KI-4., yaitu mengolah.





No comments:

Post a Comment